Mix-Match MPASI Berbahan Lokal Selama 1 Minggu

Menyediakan makanan untuk bayi usia 6-11 bulan adalah pengalaman yang gampang-gampang susah. Terkadang bingung menentukan menu yang beragam tetapi tetap sesuai dengan kebutuhan gizi bayi dan tentunya bayi senang mengonsumsinya. Untuk mempermudah pengerjaan tugas menantang ini, yuk orangtua hebat belajar menu MPASI yang berbahan lokal. Meski lokal dan cenderung mudah ditemui, kandungan nutrisinya tetap baik.

Untuk bayi usia 6-11 bulan membutuhkan energi harian 200-300 kkal dengan catatan ibu tetap menyusui. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan memberi makan 2-4 kali makan dengan 1-2 selingan. Untuk porsinya bertahap dari 125 ml sampai 200 ml sesuai usia. Tekstur makanan juga bertahan dari lumat dan kental hingga dicincang atau dipotong kecil. Jadi pastikan menu-menu disajikan dengan tepat sesuai usia bayi.

Sebagai acuan takaran penyajiannya dapat mengikuti anjuran dari Kemenkes berikut ini.

  • 3-4 sendok makan (30-40 gr) nasi atau sumber makanan pokok lainnya
  • 1 butir (50-60 gr) telur atau sumber protein hewani lainnya
  • 1/2 sendok makan minyak (5 gr) yang dapat digunakan untuk menumis atau menggoreng bahan MPASI
  • 3 sendok makan (30 ml) santan
  • 1 sendok makan (10-20 gr) wortel atau sayuran berwarna lainnya
  • Sedikit garam (0,1 gr)

Sementara takaran untuk selingan atau snack sekitar 50-60 gr. Selingan lokal dapat dibuat sendiri dengan bahan buah-buahan. Snack buah dapat disajikan dengan mengubah tekstur ataupun mengambil sarinya ataupun tidak sama sekali tergantung buahnya.

 

Senin

Hari ini adalah hari yang mungkin cukup sibuk bagi beberapa orang tua karena hari pertama setelah libur weekend. Tidak perlu kuatir, karena kebutuhan nutrisi anak tetap bisa dicukupi dengan bahan-bahan di bawah ini karena hampir selalu bisa kita temui.

Selasa

Hari ini, makanan pokoknya kita ganti menjadi kentang. Kentang direbus terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan menu matang lainnya. Kentang tersebut dapat dipadukan dengan kacang-kacangan sebagai sumber protein nabatinya.

Rabu

Kali ini, sumber makanan pokoknya adalah labu kuning. Labu kuning selain sumber karbohidrat juga mengandung tinggi serat sehingga menjadi alternatif bagi orang tua yang bayinya mengalami sembelit.

Kamis

Beralih dari labu kuning, sumber karbohidrat berikutnya adalah ubi jalar. Orang tua dapat menggunakan ubi jalar mana saja sesuai dengan ubi jalar khas di lingkungan, seperti ubi cilembu, ubi ungu dan sebagainya. Menu antimainstream hari ini adalah belut. Belut merupakan sumbe rprotein yang baik untuk dikonsumsi bayi.

Jumat

Masih dengan umbi-umbian, menu pokok hari ini adalah singkong. Selain itu, sumber sayuran menu hari ini berasal dari daun-daunan tanaman khas lokal. Daun-daunan tersebut selain bernutrisi, juga memberi warna pada menu. Pastikan daunnya masih muda dan segar serta dilumatkan dengan baik dan memasknya dengan santan.

Sabtu

Makanan pokok hari ini adalah jagung. Yup, jagung selain dapat menjadi sumber protein nabati juga merupakan sumber karbohidrat yang baik. Pada menu hari ini ada menu unik juga, yaitu daun kelor. Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik.

Minggu

Di hari Minggu, menu makanan pokoknya adalah nasi merah. Pada menu hari ini ada telur ikan mas sebagai sumber protein hewani. Telur ikan mengandung protein dan lemak yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Menu-menu di atas disarankan digoreng atau diberi santan untuk memenuhi kebutuhan lemak yang penting untuk pertumbuhan anak 6-11 bulan. Menu-menu tersebut bisa dimatch-mix-kan ataupun diolah dengan cara berbeda sesuai selera dan kondisi asalkan memenuhi standar kecukupan nutrisi yang sudah dianjurkan oleh kemenkes (dapat membacanya di buku KIA hal 40-41 edisi terbaru) serta dengan pengolahan yang tepat sehingga nutrisi dalam bahan makanan tetap terjaga. Jika orangtua menemukan bahan makanan lokal tertentu lainnya tetap dapat mempertimbangkannya dengan terlebih dahulu mengecek kandungannya dari sumber terpercaya.

 

Profil Penulis,

Nurcahaya Sihombing, S.K.M.
Penyuluh KB Ahli Pertama, Perwakilan BKKBN Jawa Tengah

___

Tulisan ini merupakan artikel terpilih dalam Ajakan Menulis Artikel Orang Tua Hebat dengan tema “MPASI 6 – 11 Bulan Bersumber Pangan Lokal” yang diselenggarakan oleh Direktorat Bina Keluarga Balita dan Anak BKKBN (2023).

Bagaimana Reaksi anda Tentang Konten Ini?
+1
10
+1
3
+1
2
Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Nafisah
Nafisah
3 months ago

Izin save dan share ya kak

Newsletter Subscribe

Dapatkan Update Terbaru Kami Melalui Email

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x