KKA Dapat Dijadikan Instrumen Memantau Perkembangan Anak

KKA Dapat Dijadikan Instrumen Memantau Perkembangan Anak | OBROLANBISNIS.com — Mungkin banyak orangtua belum mengetahui manfaat Kartu Kembang Anak (KKA) yang telah dihadirkan pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kartu Kembang Anak yang disingkat KKA sejak tahun 1985 sebenarnya sudah ada melayani masyarakat yang memiliki anak. KKA ini dipertemukan bagi orangtua untuk memantau perkembangan anak mulai dari usia 0 sampai 72 bulan atau dibawah 6 tahun.

Menurut Kresnawati sebagai staf Pelaksana Direktorat Bina Keluarga Balita dan Anak BKKBN Pusat, program KKA hanya ada di kelompok BKB (Bina Keluarga Balita) yang terintegrasi dengan Posyandu, untuk memantau perkembangan anak.

Sosialisasi KKA dilakukan dalam pertemuan sebulan sekali kepada orangtua atau pengasuh anak. Kader BKB akan melihat perkembangan anak melalui KKA, dengan memantau 7 aspek.

“Tujuh aspek yang dipantau adalah Gerakan Kasar, Gerakan Halus, Komunikasi Pasif, Komunikasi Aktif, Kecerdasan, Menolong Diri Sendiri dan Tingkah Laku Sosial pada anak. Dari ketujuh aspek tersebut akan terlihat perkembangan seorang anak. Kalau anak yang mendekati garis merah, maka akan dipantau selama tiga bulan perkembangan, agar orangtua dapat memberikan stimulasi perkembangan kepada anaknya,” sebut Kresna.

Perempuan berhijab ini memandang, dalam rangka mencegah stunting, maka KKA ini dapat dijadikan sebagai salah satu alat atau instrumen yang digunakan untuk memantau perkembangan anak.

Sumber Berita : https://obrolanbisnis.com/2022/03/09/kka-dapat-dijadikan-instrumen-memantau-perkembangan-anak/

Bagaimana Reaksi anda Tentang Konten Ini?
+1
2
+1
0
+1
1
Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter Subscribe

Dapatkan Update Terbaru Kami Melalui Email

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x