Pedoman Bina Keluarga Balita Holistik Integratif Unggulan

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

 

Peran dan pelibatan orangtua dalam pengasuhan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sangat penting untuk dilaksanakan melalui pemberian layanan pemenuhan kebutuhan esensial anak usia 0-23 Bulan di BKB Holistik Integratif Unggulan (BKB HIU). Orangtua akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dari para Kader BKB terlatih agar mampu menerapkan kelas pengasuhan yang berkesinambungan dirumah. BKB Holistik Integratif Unggulan (BKB HIU) merupakan wujud nyata implementasi penyelenggaraan kelas pengasuhan orangtua yang dapat mendukung program percepatan penurunan stunting melalui program penyediaan data (seperti Ibu Hamil, Keluarga yang memiliki anak usia 0-23 Bulan, dan lainnya) yang terintegrasi antara pihak terkait (Desa/Kelurahan), tata kelola penyelenggaraan BKB Holistik Integratif Unggulan (BKB HIU) yang mendukung akuntabilitas dan transparansi ketersediaan data dalam penyediaan dokumen perencanaan dan anggaran, sumber daya manusia (Kader BKB) yang memiliki kompetensi mumpuni dalam memberikan edukasi bagi orangtua (keluarga yang memiliki anak usia 0-23 bulan) serta layanan yang holistik integratif, berkesinambungan dan bermutu dalam menunjang proses penyelenggaran kelas pengasuhan. Layanan BKB Holistik Integratif Unggulan (BKB HIU) bagi keluarga yang memiliki anak usia 0-23 bulan selayaknya mendapatkan 6 layanan yaitu:

6 Layanan BKB HIU
6 Layanan BKB HIU

Dengan memenuhi 6 (enam) layanan tersebut maka diharapkan kesenjangan yang terjadi dilapangan terkait pemenuhan hak anak seperti memperoleh akte lahir dan layanan kesehatan dapat terpenuhi melalui jamkesmas bagi keluarga dan anak yang mendukung pengasuhan dalam percepatan penurunan stunting. Layanan kelas pengasuhan bagi keluarga yang memiliki anak usia 0-23 bulan tidak terlepas juga dalam program membangun Desa sehingga berbagai bentuk inovasi dapat berkontribusi positif bagi perempuan dan anak karena sekitar dua pertiga penduduk desa adalah perempuan dan anak yang menjadi strategi untuk mencapai akselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa di seluruh Indonesia. Optimalisasi tumbuh kembang anak melalui pengasuhan akan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui BKB Holistik Integratif Unggulan (BKB HIU) karena dengan pemenuhan layanan holistik integratif bagi keluarga yang memiliki anak usia 0-23 bulan maka percepatan penurunan stunting dapat terwujud untuk menghadirkan generasi emas Indonesia pada tahun 2024.

Pedoman Bina Keluarga Balita Holistik Integratif

Bagaimana Reaksi anda Tentang Konten Ini?
+1
34
+1
4
+1
1
Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter Subscribe

Dapatkan Update Terbaru Kami Melalui Email

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x