Window of Opportunity dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)

Menurut para ahli di seluruh dunia, 1000 hari pertama kehidupan dianggap sebagai waktu terpenting dalam hidup seseorang. Anak emas tumbuh dengan cepat, yaitu pada tahun pertama dan kedua kehidupan seorang anak. Oleh karena itu, masa 1000 hari pertama kehidupan disebut juga sebagai masa emas atau “window of opportunity”.

Status gizi dan kesehatan ibu dan anak sebagai penentu kualitas sumber daya manusia semakin nyata, dan terlihat bahwa status gizi dan kesehatan ibu sebelum hamil, selama hamil dan selama menyusui merupakan masa yang sangat kritis. Masa 1000 hari, yaitu 270 hari pada masa kehamilan dan 730 hari pada kehidupan pertama setelah melahirkan, merupakan masa sensitif karena akibatnya bagi anak bersifat permanen dan tidak dapat diperbaiki. Efeknya tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan fisik, tetapi juga perkembangan mental dan kecerdasan, yang tercermin dari ukuran fisik yang tidak optimal dan tidak kompetitifnya pekerjaan di masa dewasa, yang mengakibatkan rendahnya produktivitas ekonomi.

Para ahli telah menemukan bahwa setidaknya ada 50 zat yang mempengaruhi fungsi otak dan dipengaruhi oleh makanan dan zat gizi mikro dalam 1.000 hari pertama kehidupan. Kegagalan untuk menerima nutrisi penting selama ini akan memiliki efek jangka panjang dan tidak dapat diubah. Nutrisi yang optimal selama ini tidak hanya memungkinkan anak untuk hidup lebih lama, lebih sehat dan lebih produktif, tetapi juga mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan obesitas.

 

Episode kritis dan intervensi dalam 1000 hari pertama kehidupan

 

Jika membagi 1000 hari menurut tahapan kehidupan anak, maka ada 5 titik kritis dalam diri anak yang harus diperhatikan, yaitu:

– Masih dalam kandungan = 280 hari

– Umur 0-6 bulan = 180 hari

– Umur 6-8 bulan = 60 hari

– Umur 8-12 bulan = 120 hari

– Umur 12-24 bulan = 360 hari

Beberapa ahli mengatakan bahwa usia anak di bawah 2 tahun dikenal sebagai “golden period” atau “window of opportunity”. Nah, untuk mewujudkan generasi yang sehat dan kuat serta mewujudkan Indonesia yang unggul, skala prioritas program ini adalah sejak anak masih dalam kandungan hingga usia 2 tahun.

 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di masa kritis ini, yaitu:

 

  1. Siklus rahim (280 hari)
  • Pastikan ibu bergizi baik sebelum dan selama hamil serta tidak mengalami kekurangan energi kronis (IBD) atau anemia. Selama hamil, ibu makan makanan bergizi sesuai kebutuhannya dalam porsi kecil, namun seringkali jauh lebih baik, perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  • Konsumsi Suplemen tablet besi (Fe), asam folat dan vitamin C diperlukan untuk mencegah ibu dari anemia.
  • Ibu sebaiknya melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin.
  • Ibu dan suami harus mendapat informasi tentang menyusui di awal trimester kehamilan, bagaimana tidak keluar, dll).

 

  1. Periode 0-6 bulan (180 hari)
  • Semua anak yang lahir harus disusui sejak dini.
  • Unique Breastfeeding membantu ibu mengatasi masalah saat menyusui dengan menyediakan hotline atau nomor telepon yang dapat dihubungi ibu 24/7 jika ibu mengalami masalah dan membutuhkan bantuan.
  • Dukung ibu dalam menyelenggarakan ASI eksklusif.
  • Pantau pertumbuhan secara teratur.

 

  1. Periode 6-24 bulan (540 hari)
  • Pastikan ibu mengetahui jenis dan bentuk makanan (dikte) serta frekuensi pemberian makan yang benar selama periode ini.
  • Ajarkan peralihan ke makanan cair atau bubur (6-8 bulan), makanan lunak dan lunak/semi-padat (8-12 bulan), dan makanan padat (12-24 bulan).
  • Dukung ibu untuk terus menyusui hingga sekarang.
  • Ajari ibu cara mengolah dan memilih makanan yang murah dan bergizi tinggi.
  • Pantau pertumbuhan dan pantau kesehatan anak secara rutin.

 

Dengan meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil dan anak sejak lahir, diharapkan generasi penerus bangsa tumbuh lebih produktif sehingga dapat berkontribusi pada kualitas generasi muda di masa depan. Itulah sebabnya para ahli di seluruh dunia menganggap 1000 hari pertama kehidupan sebagai periode kehidupan yang paling penting. Anak emas tumbuh dengan cepat, yaitu pada tahun pertama dan kedua kehidupan seorang anak. Oleh karena itu, masa 1000 hari pertama kehidupan disebut juga sebagai masa emas atau window of opportunity.

 

Referensi

 

Jurnal 1000 Hari Pertama Kehidupan oleh Rahayu Rekti

http://repository.uki.ac.id/2326/1/1000HARIPERTAMAKEHIDUPAN.pdf

 

1000 HPK adalah fase kehidupan

https://dppkbpppa.pontianak.go.id/informasi/berita/1000-hpk-adalah-fase-kehidupan#:~:text=1000%20HPK%20adalah%20fase%20kehidupan%20yang%20dimulai%20sejak%20terbentuknya%20janin,2%20tahun%20(730%20hari).

 

Artikel BKKBN : Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK)

http://sepang-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/600-Artikel-BKKBN—Seribu-Hari-Pertama-Kehidupan–1000-HPK-

Bagaimana Reaksi anda Tentang Konten Ini?
+1
1
+1
0
+1
1
Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter Subscribe

Dapatkan Update Terbaru Kami Melalui Email

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x